Ebook: Salah Kaprah Berbahasa Arab

10 Juli 2009

Kalo kita mau sedikit lebih teliti, ternyata orang Arab pun gak doyan loh pelajaran yang namanya "lughoh". Terbukti masih banyak salah kaprah berbahasa yang dah kesebar bahkan ke tempat-tempat publik (sering diliatin orang), di surat kabar, papan reklame, pengumuman de el el. Nah semuanya itulah yang mau dikupas oleh Hayaat al Yaaquut dalam ebook nya Man Dzalladzii Qoddadal Bayaan?


Bergambar
Ebook yang secara harfiah ber arti" Siapa sih yang mencincang penjelasan?" ini full gambar, biar jelas mungkin, sehingga gak tanggung-tangung si penulis bawain buat kita bukti2 kesalahan dalam bentuk jepretan foto. So, gak ragu lagi, bener-bener udah nyebar!


3 Babak
Setelah sedikit basa-basi di mukaddimah, si penulis membagi kitabnya dalam tiga bagian. Di Bagian Pertama dia ngomongin tentang kesalahan bahasa yang udah terkenal nyebar di kalangan orang Arab(مختار الأخطاء), di sana juga ada penjelasan "Kenapa kok bisa salah?"

Bagian Kedua beliau ngobrolin tentang kesalahan daam metode penulisan
(أخطاء إملائية) baik itu hamzah, alif, waw (emang ada nulis waw jasi shaad?) adapun Bagian Ketiga beliau kupas akan persoalan tanda baca (الترقيم و التسقيم) terutama dalam pengetikan (kalo tulisan tangan sih agak susah) setelah ada briefing singkat, baru penulis membawakan kesalahan yang (lagi-lagi) tersebar di mana2! Saking telitinya, hal-hal sepele kayak spasi, titik pun jadi bahan sorotan. Cool!

Akhirnya…
Buat pengamat dan orang-orang yang ngaku pemerhati (minimalnya) Bahasa Arab ebook ini cocok buat tambahan wawasan, walau udah ada Mu'jam tersendiri yang udah tercetak lebih dulu (download di sini) tapi yang ini beda! Dari segi desain, penampilan dan pemiliha judul yang agak konyol kedengarannya merupakan nilai positif tersendiri, so buruan download!

Judul : من ذا الذي قدّد البيان؟
أخطاء و خطايا لغوية المصوّرة
Penulis : حيات الياقوت
Format : pdf
Download :http://www.nashiri.net/component/option,com_docman/task,doc_download/gid,205/Itemid,10001/

2 komentar:

za12th 10 Juli 2009 pukul 22.04  

wah...ajib neh...hehehe...ana donlot ah...syukron zek...banyak2 posting lagi yah....

Ahmad D' Zaky 11 Juli 2009 pukul 21.05  

@za12th
Yaa daripada gak ada kerjaan di bet ya nggak? mendingan nyebar manfaat
oh iya nanti postingan buat stage17 juga ada. tunggu aja!

About This Blog

  © Blogger template Writer's Blog by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP